Peluang dan Tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN di Tahun 2018

Wacana dari Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA telah dimulai sejak 2015 lalu hingga sekarang, peluang dan tantangan membuka usaha di tahun 2018 pun akan terus berlanjut. Masyarakat Ekonomi ASEAN sendiri merupakan suatu perdagangan bebas yang bisa dilakukan khususnya antar anggota ASEAN. Kesepakatan ini telah dilakukan bersama yang bertujuan agar kawasan dari negara-negara yang termasuk di ASEAN tersebut akan lebih makmur, stabil dan juga menciptakan perdagangan yang kompetitif. Banyak dampak yang telah di bawa dengan adanya sistem Masyarakat Ekonomi ASEAN tersebut, khususnya dalam segi perekonomian yang tak lain arus dari barang maupun jasa, hingga tenaga kerja dan juga investasi modal yang terjadi. Dengan adanya sistem ekonomi yang luas tersebut, maka masyarakat Indonesia tentunya juga memiliki tantangan tersendiri untuk menciptakan usahanya. Selain itu juga, beragam jenis peluang harus bisa dimasuki oleh masyarakat Indonesia sehingga bisa mengikuti tantangan sebagai Masyarakat Ekonomi ASEAN.

 

Mencari peluang usaha sebagai tantangan MEA di tahun 2018


Menemukan peluang usaha sebagai seorang Masyarakat Ekonomi ASEAN di tahun 2018 mendatang tentunya bukan hal susah maupun juga hal yang mudah karena sebenarnya banyak peluang usaha yang bisa dimasuki untuk menjadi seorang pelaku bisnis. Selain itu juga, keuntungan lain dari arus ekonomi ASEAN tersebut baik dalam soal perdagangan maupun juga jangkauan promosi akan lebih luas lagi. Dengan adanya kemajuan teknologi, baik dalam segi alat maupun juga koneksinya bisa mencakup lebih luas lagi.

Bagi tenaga kerja Indonesia, MEA memang masih menjadi tantangan tersendiri di mana adanya mutu dan juga daya saing yang harus diimbangi sehingga peluang baru harus bisa diciptakan agar MEA memberikan manfaat untuk peluang dan juga kesempatan kerja yang menjadi lebih luas dengan akses yang juga sangat luas. sehingga produk dan juga jasa yang memang harus disertai dengan skill atau kemampuan akan menjadi peluang.

 

Menciptakan peluang dan kesempatan lewat membuka usaha sendiri


Salah satu cara untuk memenuhi tantangan dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN tersebut yaitu dengan membuka usaha sendiri. Dengan kata lain, berupaya untuk membuka peluang usaha dan menjalankan usaha secara mandiri yang bisa dilakukan dengan sangat mudah saat ini. Penyebutan lain dalam membuka usaha ini bisa dibilang sebagai Usaha Kecil dan Menengah atau UKM.

Usaha Kecil dan Menengah atau UKM bisa menjadi salah satu faktor yang mendorong agar perekonomian di Indonesia mengalami kemajuan sekalipun tantangan dari MEA terus berlanjut. Selain itu juga, dengan menjalankan UKM, banyak peran yang akan dipenuhi, mulai dari memberikan lapangan kerja sehingga mengurangi angka para pengangguran, membantu yang kurang penghasilan atau meningkatkan penghasilan masyarakat dan juga lebih banyak lagi.

Perkembangan dari teknologi yang juga semakin mudah dan juga canggih dewasa ini akan lebih memudahkan dalam kegiatan perdagangan maupun juga transaksi sehingga memuluskan kegiatan dalam usaha. Komunikasi yang bisa dilakukan di manapun dan juga kapanpun menjadi bentuk dukungan bagi para pelaku UKM. Terlebih lagi, saat ini, semua orang hampir tidak ada yang tidak menyentuh teknologi.

 

Adanya peluang dalam UKM juga memberikan wadah bagi seseorang dalam mengembangkan inovasi serta kreativitas dalam menghadapi persaingan dalam dunia ekonomi. Banyak dari para pelaku usaha yang hanya berangkat lewat kegiatan hobi misalnya namun bisa terus mengembangkan usaha melalui potensi yang ada di dalam dirinya. Tidak heran, jika pelaku usaha juga dituntut agar selalu memiliki rasa percaya diri dalam mengembangkan idenya, serta mampu bersaing secara konsisten untuk meraih kesuksesan. sehingga peluang usaha yang telah didapatnya tidak sia-sia.

Dengan adanya persaingan yang luas seperti halnya menjadi Masyarakat Ekonomi ASEAN, memang lebih banyak tantangan yang didapatkan. Namun di samping itu juga banyak sekali peluang yang bisa menghasilkan keuntungan. Tentunya meraih keuntungan secara finansial untuk kebutuhan sehari-hari. Adapun di tahun 2018 mendatang, tidak banyak perubahan peluang dan tantangan membuka usaha di tahun 2018  selain untuk terus menemukan kesempatan dan juga menciptakan peluang usaha secara mandiri.


Article Tags: #peluang masyarakat ekonomi asean #peluang dan tantangan masyarakat ekonomi asean #peluang usaha masyarakat ekonomi asean #masyarakat ekonomi asean
Share     Report     Print Article
0 comments