Cara Memulai Bisnis Usaha Toko Kelontong di Pedesaan

Usaha kelontong adalah jenis usaha kecil yang difavoritkan oleh para pengusaha yang berada di pedesaan, namun memulai bisnis usaha toko kelontong di pedesaan juga harus dilakukan dengan cermat. Mengapa toko kelontong menjadi usaha yang difavoritkan karena jenis toko ini bisa dikembangkan dengan mudah sesuai modalnya. Dengan kata lain, toko kelontong sangat gampang untuk dikelola. Rata-rata, toko kelontong dikelola secara kekeluargaan. Misalnya saja, meskipun banyak toko kelontong, namun bisa memberikan pekerjaan untuk menjaga warung atau toko tersebut pada anggota keluarga sendiri, sehingga biaya untuk membayarnya pun bisa lebih ditekan.

Memang memulai usaha toko kelontong terlihat mudah, namun untuk memulai usaha toko kelontong harus dilakukan secara serius sehingga jika pengelolaannya baik maka keuntungan yang didapatkan pun besar. Tentu saja hal ini tidak menutup kemungkinan jika toko kelontong yang kelola akan memiliki cabang di daerah lainnya. Tentu saja keberanian seseorang sangat diperlukan untuk memulai usaha ini, bahkan jika bermimpi besar, bukan tidak mungkin untuk membuka minimarket dan kemudian menjadi supermarket. Berusaha dan bekerja keras sebaik mungkin demi kesuksesan adalah cara yang selalu tepat dalam mewujudkan impian tersebut, apapun usahanya.

 

Merencanakan bisnis atau usaha dari toko kelontong

Mengelola bisnis toko kelontong mungkin terkesan gampang, namun sebenarnya mengelola toko kelontong tanpa target yang jelas juga bisa menimbulkan kerugian. Oleh karena itu, memulai bisnis usaha toko kelontong di pedesaan harus menjadi langkah awal untuk mewujudkan mimpi sebagai pengusaha yang sukses. Merencanakan toko kelontong, bila itu untuk usaha jangka pendek, menengah, maupun juga jangka panjang sama saja, di antaranya yaitu sebagai berikut;

 

  • Membuat desain dari toko kelontong

Dimulai dari modal yang akan disiapkan atau yang dimiliki, sesuaikan juga dengan rencana dari toko kelontong yang akan dibuat. Buat juga aturan dari modal yang dimiliki tersebut, khususnya mengenai dari mana modal tersebut didapat. Terlebih lagi jika modal tersebut didapat dari pinjaman, maka hal yang paling penting yaitu jangka waktu untuk mengembalikan uang modal pinjaman tersebut, tidak terkecuali untuk perhitungan modal yang dimiliki sendiri atau bukan pinjaman harus diketahui jangka waktu balik modal. Langkah ini merupakan cara agar bisa menentukan langkah selanjutnya yaitu mengembangkan usaha sehingga jelas mengenai untung yang nantinya akan didapatkan. Memisahkan antara keuangan hasil usaha dan keuangan milik pribadi juga jangan sampai diabaikan. Hal ini dikarenakan toko kelontong merupakan salah satu usaha rumahan sehingga sering kali antara biaya keseharian tercampur dengan biaya keuangan milik usaha yang seharusnya bisa menjadi modal dan untung untuk dikembangkan. Pengelolaan yang baik merupakan kunci untuk memanjangkan usaha, khususnya dalam menentukan keuntungan atau kerugian yang nantinya akan didapatkan. Sehingga setelah langkah ini, menentukan langkah selanjutnya yaitu dengan memperbaiki kesalahan dan juga melengkapi kekurangan dari usaha tersebut, jangan sampai karena pengelolaan manajemen yang kurang baik akan memberikan dampak kerugian yaitu menutup usaha toko kelontong tersebut.

 

  • Pilih lokasi yang tepat

Juga merupakan hal yang harus diperhitungkan, misalnya saja jika lokasi rumah sendiri sulit untuk dijangkau atau bahkan tidak terlihat maka kemungkinan akan menjadi kendala untuk mendapatkan keuntungan. Sehingga, pastikan untuk memperhitungkan dengan mencari posisi lain, misalnya saja membuka usaha dengan lahan sewaan, atau jika membuat usaha kerja sama, maka tidak menutup kemungkinan untuk menggabungkan usaha kelontong tersebut dengan saudara misalnya yang memiliki tempat lebih strategis.

 

  • Cari barang yang sesuai

Dengan kata lain, pintarlah mencari barang, yang maksudnya juga mengarah pada pilihan grosir yang kelak akan menjadi langganan dengan harga miring namun terjamin kualitas barangnya. Selain itu juga bisa memberikan keuntungan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tempat pusat grosir lainnya. Sehingga antara pusat grosir dan usaha toko kelontong yang dikelola bisa terjalin kerja sama yang baik.

 

Kunci sukses menarik pelanggan

Setelah mempersiapkan rencana-rencana di atas sebelumnya, maka langkah yang paling penting adalah bagaimana cara untuk menarik pelanggan. Salah satu kuncinya yaitu dalam menentukan harga barang yang dijual. Entah itu penawaran yang murah maupun juga membuat promosi secara mingguan atau bulanan maupun juga strategi lainnya sebagai salah satu cara memulai bisnis usaha toko kelontong di pedesaan.


Article Tags: #memulai usaha toko kelontong #memulai usaha toko kelontongan #cara membuka usaha toko kelontongan #membuka usaha toko kelontong #memulai bisnis toko kelontong #cara memulai usaha toko kelontong #tips memulai usaha toko kelontong #kita memulai usaha toko kelontong #bagaimana membuka usaha toko kelontong #modal membuka usaha toko kelontong #daftar toko kelontong #usaha toko kelontong grosir #usaha toko kelontong modern #usaha toko kelontong sederhana #penataan toko kelontong #analisa usaha toko kelontong #warung sembako kecil-kecilan
Share     Report     Print Article
0 comments